Analisa Virus Komputer Dengan Cara Sederhana

Jika komputer kita terserang oleh virus pastilah sangat merepotkan. Tidak saja terancam merusak file data data kita, tetapi juga mengakibatkan fitur-fitur pada komputer tidak dapat berjalan normal. Untuk itu kita harus memprioritaskan menginstal program antivirus. Namun terkadang antivirus yang telah diupdate belum dapat menganalisa jenis program jahat yang mengacau tersebut.

Tetapi ada cara sederhana umtuk menganalisa sendiri virus komputer yang hendak menyerang komputer.Bahkan sebenarnya tidaklah sulit menganalisis virus yang menyusup pada komputer bersistem operasi Windows, khususnya jika yang menyerang virus lokal karena pasti karakteristiknya sama. Tetapi tentulah pertama-tama kita harus memiliki interne untuk mencari tools-tools yang secara gratis bisa diunduh di beberapa situs.

Selain itu virus lokal juga bisa dilihat melalui list proses Windows melalui task manager, untuk melihat jenis file aneh yang running. Di samping itu kita juga bisa menganalisanya melalui registry tools (reg. edit). Bagi pengguna yang lebih berpengalaman, maka ada 2 tools yang kemungkinan bisa dipakai, yaitu pack detection dan unpack program serta VB decompiler. Karena biasanya virus lokal berbasis VB.

Setelah tools-tools tersebut kita miliki maka kita mulai dapat menganalisa melalui langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Pahami dulu jenis virus yang menyerang: Icon apa yang disamarkan serta ukurannya.

2. Pahami karakteristik virus. Apakah membuat file duplikat, menyembunyikan file, menginjeksi file, atau menampilkan pesan tertentu.

3. Pahami cara kerja virus: Apa yang diubah virus, apakah registry, file induk yang dibuat, atau fungsi windows yang diblok.

4. Pahami penyebaran virus: Apakah melalui USB flash disk atau folder yang di share, karena biasanya virus lokal menyusup melalui 2 media tersebut.

5. Siapkan beberapa tools yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s